Kenali Penyebab Kelahiran Prematur Ini Bun!

prematurNormalnya, bayi lahir saat usia kehamilan mencapai 37-40 minggu. Namun apa yang terjadi bila bayi terlahir saat usia kehamilan di bawah 37 minggu atau prematur? Kelahiran tersebut beresiko terhadap berbagai masalah kesehatan mengingat sistem organ tubuhnya yang belum matang sempurna sehingga membutuhkan perawatan intensif dan harus meginap beberapa minggu di rumah sakit. Untuk itu,

mari kenali penyebab kelahiran prematur ini bun!

1. Gaya Hidup Tidak Sehat

Gaya hidup tidak sehat sangatlah berpengaruh terhadap pertumbuhan janin. Jangan sekali-kali mencoba Alkohol, Merokok dan Obat-obatan terlarang. Bahkan, menjadi Perokok Pasif pun sangat berbahaya bagi pertumbuhan janin. Asupan gizi juga perlu diperhatikan ya bun, hindarilah junk food sebisa mungkin.

2. Mengandung bayi kembar

Mengandung bayi kembar memang menggemaskan, namun memiliki resiko lebih tinggi dari kehamilan biasa. Kehamilan kembar dengan rahim yang terlampau lebar, bisa membuat bayi-bayi tersebut tidak bisa ditampung lebih lama lagi di dalam rahim dan keluar lebih cepat.

3. Riwayat Kehamilan

Bunda yang pernah mengalami dan memiliki kehamilan prematur sebelumnya rentan untuk melahirkan secara prematur kembali. Tak hanya itu saja, melakukan aborsi dan mengalami keguguran sebelumya juga berpengaruh loh bun. Hal ini dikarenakan organ rahim telah luka sehingga tidak mampu melahirkan secara normal.

4. Psikologi

Kondisi psikis juga berpengaruh loh bun! maka dari itu, buanglah stress, cemas, depresi dan segala pikiran negatif ya bun. bunda harus pintar mengelola emosi, tetaplah tenang dan rileks bun!

5. Komplikasi

Timbulnya komplikasi kehamilan seperti Plasenta Previa dan lainnya dapat meningkatkan resiko prematur pada janin karena dapat menghambat nutrisi dan vitamin yang akan disalurkan kepada janin.

Itulah beberapa faktor penyebab bayi lahir secara prematur bun. Tetaplah jaga kesehatan fisik dan psikis mu ya bunda. Agar sang bayi bisa lahir dengan sehat kelak. Semoga artikel ini bermanfaat untuk bunda ya.

Jangan lupa saat bayinya sudah lahir aqiqah di habibaqiqah ya bun. Selain pelayanan yang memuaskan, praktis, higienis dan tentu enak, habib aqiqah telah bersertifikat Halal MUI. Ayo segera hubungi costumer service kami ^.^