Tips untuk Ibu senior mengenai pemberian ASI Ekslusif

No ratings yet.

Saya Sukses memberikan ASI eksklusif dengan cara dibawah ini:

Para Ibu umumnya berharap dan bertekad untuk bisa memberikan ASI eksklusif dan mencukupi kebutuhan nutrisi bayi hanya dengan ASI, tanpa susu formula dll. hal ini dikarenakan semua orang sudah mengerti mengenai manfaat ASI untuk tumbuh kembang dan kekebalan tubuh bayi.

Oleh karena itu berbeda dengan harapan tidak mudah untuk menyusui dalam waktu panjang. berbeda dengan rencana, banyak para ibu yang ASInya tidak keluar atau hanya sedikit saja sehingga mereka terpaksa untuk membeli susu formula untuk mencakupi asupan nutrisi bayi.

CARA APA YANG BAIK UNTUK DILAKUAN AGAR BERHASIL MEMBERIKAN ASI EKSKLUSIF?

 

Sejak awal hanya dikasih ASI 

JIka bunda sudah dari memutuskan dari awal untuk ASI eksklusif, maka sebisa mungkin jangan campur ASI dan sufor. Sufor lebih manis daripada ASI dan lebih enak untuk diminum, karena itu jika bayi sudah mengenal rasa sufor, ada kemungkinan bayi tidak mau minum ASI lagi.  Jika bunda ingin sukses memberi ASI eksklusif, selama beberapa hari setelah bayi lahir, sesering mungkin latihlah bayi untuk mengenyot saat bunda mencoba untuk menyusui bayi.

 

Jangan terburu – buru dan pastikan ASI  awal hingga ASI akhir diminum dengan cukup 

2 minggu setelah persalinan, ASI akan terproduksi secara matang. ASI terdiridari ASI awal (ASI encer) dan ASI akhir (ASI kental). ASI awal encer dan mengandung laktosa, vitamin, mineral, dan banyak air. bukan berartu ASI awal tidak memiliki manfaat apa-apa untuk bayi. ASI awal bisa menghilangkan dahaga bayi dan membuatnya tidur nyenyak. teruslah menyusui sehingga bayi bisa latihan menelan dan mengenyot lebih lama.

semakin panjang waktu bayi menyusu, ASI akhir akan keluar dari payudara bunda. ASI akhirlah yang mengandung lebih banyak lemak dan kaya nutrisi. jika anda merasa bayi sudah kenyang, jangan terburu- buru memindahkan bayi ke sisi payudara satunya. pastikan payi mengenyot satu sisi payudara hingga payudara terasa kosong.

 

Biarkan bayi menyusu setiap kali ia merasa lapar

ketika pertama kali mulai, pada umumnya bayi menyusu 8 hingga 12 kali dalam rentang waktu 24 jam. jika bayi menyusu lebih sedikit dari waktu tersebut, produksi ASI tubuh bunda akan berkurang dan akan sulit untuk sukses dengan program ASI eksklusif bunda. kala bayi bunda sedang tidur dan tiba tiba ia terbangun dan merasa lapar, jangan ragu untuk menyusuinya. tang harus diperhatikan adalah menawarkan payudara setiap kali bayirewel atau mengantuk. jika bisa terbiasa dikeloni dengan payudara bunda, bayi akan terus mencari ketenangan dengan cara mengenyot. selain itu bayi akan sulit mengasosiasikan hubungan rasa lapar dengan waktu makan jika ditawari payudara setiap saat.

 

Biasakan bayi mengenyot daripada menggunakan pompa

kecuali pada situasi dimana bayi bunda harus berpisah dengan bunda, sebisa mungkin biarkan bayi mengenyot langsung payudara bunda. jika bunda menyusui secara langsung, bayi akan mengenal bau tubuh bunda dan bersentuhan dengan bunda, secara emosional bayi akan merasa lebih tenang. selain itu, berbeda dengan dot dan botol susu yang cairannya gampang keluardengan hanya dibalikkan kebawah botolnya, untuk menyusu, dibutuhkan tenaga dan otot mulut lebih banyak. karena itu menyusui relatif lebih bisa melatih kemampuan mengkoordinasikan arah dan lokasi daripada menyusu lewat botol.

 

Semoga Bermanfaat ☺🙏

➡ Yuk Aqiqah Sekarang ..
🌐 www.habibaqiqah.com
Aqiqah Bersertifikasi Halal
📱💬: 08569033331
📱💬: 085282223331

Please rate this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *