5 tingkah laku bayi usia 2 bulan dan penjelasannya

5 tingkah laku bayi usia 2 bulan dan penjelasannya

5/5 (1)

Untuk membangun komunikasi antara orang tua dan bayi, penting sekali bagi bunda unruk memahami makna dibalik tingkah laku si kecil. anak akan mulai berkomunikasi dengan lingkungan disekitarnya sejak pertama kali ia mendapatkan cahaya.

Komunikasi juga penting sekali dalam hubungan orangtua dan anak. karena kemampuan si kecil yang belum matang berkomunikasi dengan orangtuanya. si kecil akan berkomunikasi dengan orangtua nya dengan cara berbahasa non verbal atau bahasa tubuh, perubahan ekspresi wajah dan jua melalui rengekan dan tangisan untuk mengungkapkan apa yang ada dipikirannya. teknik komunikasi ini merupakan awal bagi perkembangan kemampuan bahasa si kecil.

Sebelum si kecil bisa bicara, bunda akan sering mengalami kesulitan dalam memahami arti dari apa yang disampaikan oleh si kecil. Para ahli perkembangan perilaku anak menyatakan bahwa komunikasi berperan penting dalam masa tumbuh kembang bayi, sehingga jika orangtua tidak cukup merespon terhadap usaha anak mengkomunikasikan sesuatu, maka ini akan menghambat proses pembelajaran anak dan dapat berakibat fatal.

Oleh karena itu , cobalah pahami makna diblaik tingkah laku si kecil untuk membentuk komunikasi yang lancar antara orangtua dan juga si kecil.

1. Bersandar menempel pada tubuh bunda

‘Bersandar’ atau bertumpu secara harfiah memiliki makna lain yaitu bergantung pada sesuatu. Bayi yang menyandarkan tubuhnya kepada sang ibu menandakan bahwa ia ingin menyampaikan sesuatu, ingin mendapat perhatian, dan juga ingin istirahat. saat si kecil bersandar biasanya menunjukkan tatapan yang kosong yang artinya bahawa ia sedang mengantuk.

Saat hal tersebut terjadi, lakukan hal ini; Pada saat si kecil bersandar, biarkan ia merasakan suhu tubuh bunda yang hangat dengan cara memeluknya erat. pelukan dari bunda dapat membuat sikecil merasa terlindungi dan stabil secara fisik dan psikologis, serta sikecil akan mendapatkan kekuatan dan energi positif yang berasal dari suara lembut bunda.

2.  Menarik/ menjambak rambut orang lain

Ketika si kecil mulai menarik rambut orang lain, ini merupakan salah satu ciri dimana si kecil sedang mencari perhatian orang lain, atau mengganggapnya menyenangkan. perilaku ini merupakan hal yang wajar dalam masa tumbuh kembang si kecil, tapi juga bisa menjadi masalah apabila sudah menjadi kebiasaan si kecil.

Saat hal tersebut terjadi, lakukan hal ini; Jangan terlalu menunjukkan ekspresi yang berlebihan kepada si kecil, cobalah untuk cuek! lalu bantulah si kecil untuk melepaskan helaian rambut yang menempel di jarinya dan ekepresikanlaa bahwa bunda memahami perasaannya dengan ucapan “kamu penasaran rasanya pegang rambut yaa..” atau “kamu mau main ya sama bunda?” karena perilaku menarik rambut ini tidak baik bagi kebersihan si kecil dan tidak tepat dalam mengekspresikan sesuatu, maka sebaiknya bantu si kecil untuk tidak menjadi kebiasaannya sedini mungkin ya bun.

3. Mengambil barang dan memberikannya kepada bunda

Si kecil  yang menyentuh atau berusaha menggapai mainan yang ada di tangan bunda ini tandanya si kecil memiliki rasa keingintahuan terhadap  benda tersebut. si kecil mungkin akan menunjukkan cara mengeksplorasi benda tersebut dengan cara menyentuh, menepuk atau menggoyang goyangkan, tapi tidak bisa memuaskan rasa penasaran si kecil.  sehingga terkadang si kecil menunjukkan tanda bahwa ia memerlukan bantuan bunda.

4.  Memonyongkan bibir

Perilaku memonyongkan bibir terkesan sepel, tapi sebetulnya memiliki makna yang tersemnyi loh bun. biasanya si kecil menunjukkan keadaan bernafas secara stabil dalam posisi berbaring atau berada di pelukan ibu dan menunjukkan raut wajah yang nyaman, sedangkan perilaku memonyongkan bibir memiliki makna yaitu si kecil sedang merasa senang. si kecil juga berusaha menyampaikan pesan bahwa ia sudah siap untuk berinteraksi dengan dunia dan berharap bunda untuk mengajaknya bermain.

5. Termenung memandang sesuatu

Jika si kecil bengong atau sedang termenung serta tidak bergerak memandang sesuatu, ini artinya ia sedang menemukan suatu objek yang menarik. tapi sering kali bunda seringkali menyalahartikan isyarat ini seperti si kecil sedang merasa takut terhadap sesuatu.

Saat seperti ini, lakukan hal ini; ketika si kecil termenung memandang sesuatu, sebaiknya bunda mengawasi si kecil untuk mengeksplorasi atau mendekati objek yang menarik perhatiannya, asalkan masih berada didalam batas yang aman. apabila bunda terlebih dulu bertindak sperti membantunya mengambil objek yang dilihat oleh si kecil, perilaku tersebut dapat menjatuhkan kemandirian dan harga diri si buah hati.

Note: Mungkin bunda berpikir bahwa si kecil hanyalah seorang anak yang belum bisa bicara, tapi sebetulnya si kecil sedang berusaha keras untuk berkomunkasi dengan bunda loh, dengan melalui tingkah lakunya. ingatlah bahwa perhatian dan respon yang cukup terhadap isyarat yang ditunjukkan oleh si kecil dapat memberikan rangsangan positif sehingga si keicl dapat tumbuh dengan sehat.

Semoga Bermanfaat ☺🙏

➡ Yuk Aqiqah Sekarang ..
🌐 www.habibaqiqah.com
Aqiqah Bersertifikasi Halal
📱💬: 08569033331
📱💬: 085282223331

📲 Chat WA
📷 IG Video
📍 Map

Please rate this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *