Cara memilih baby sistter yang baik bagi sikecil

No ratings yet.

Saat bunda dihadapkan kembali dengan situasi kerja dimana bunda harus berpisah dengan dengan buah hati buna dan membutuhkan bantuan dari pengasuh/baby sistter. berikut ini beberapa hal yang perlu dipertimbangankan saat memilih baby sitter si kecil.

Setelah masa cuti melahirkan bunda telah usai, kini bunda akan dihadapkan kembali dengan situasi  kantor yang membuat bunda berpisah sementara dan tidak berada disamping sikecil selama 24 jam. perasaan ingin selalu bersama buah hati bunda pasti sangat besar. namun, bunda harus menerima kenyataan bahwa bunda harus kembali bekerja demi kesejahteraan keluarga.

Alasan seorang IBU masih memiliki tanggung jawab yang besar dalam pengasuhan anak. untuk mengatasi kekosongan waktu pengasuh anak, tidak sedikit pada bunda bekerja mencari pengasuh atau nanny yang dapat merawat si kecil selama bunda tidak berada disamping.

 

Oleh Karena itu, sebelum merekrut pengasuh anak sebaiknya bunda perlu pertimbangkan hal hal berikut ini.

1.) Buatlah catatn kriteria pengasuh yang Bunda inginkan

Bunda mungkin memiliki kriteria-kriteria tertentu dalam memilih pengasuh anak. baik itu penyesuaian anggaran, waktu kerja, karakter calon pengasuh. buatlah daftar kriteria terlebih dahulu untuk memudahkan bunda untuk menemukan pengasuh yang sesuai dengan harapan bunda.

2.) Carilah informasi dari orang terdekat atau lembaga jasa pengasuh yang terpercaya

Cobalah cari informasi dari orang terdekat yang pernah menggunakan jasa pengasuh. tanyakan informasi bagaimana cara mereka memilih pengasuh  anak yang cocok. bunda juga dapat mendatangi lembaga pengasuh pengasuh yang kredibel dan dapat dipercaya.

3.) Pertimbangkan latar belakang calon pengasuh, lalu lakukan wawancara

Dalam menyeleksi pengasuh, bunda perlu mempertimbangkan latar belakang calon pengasuh. jika bunda menggunakan jasa asuh, mintalah pihak lembaga untuk memberikan informasi yang lengkap mengenai data diri calon pengasuh. setelah  bunda memilih beberapa calon, lakukan wawancara. setelah menemukan kesepakatan bersama, jika dirasa perlu, buatlah kontrak kerja tertulis yang ditanda tangani oleh kedua pihak.

4.) Sediakan masa training bagi calon pengasuh

Saat bunda menemukan beberapa calon pengasuh yang sesuai dengan kriteria yang bunda inginkan. pada masa percobaan ini, bunda dapat mengenalkan pengasuh  dengan tugas tugasnya yang harus ia kerjakan dan mengajarkan kebiasaan kebiasaan bayi yang harus diperhatikan oleh pengasuh. perhatikan dan pikirkan apakah calon pengasuh ini sesuai dengan kriteria bunda dan dapat dipercaya atau tidak dalam masa training ini.

5.) Amatilah sikap pengasuh saat sedang bersama si kecil.

Setelah bunda mempekerjakan pengasuh, sebaiknya bunda tidak langsung meninggalkan pengasuh berdua saja dengan anak. cobalah untuk mengamati perilaku pengasuhdan juga respon anak.apakah anak cocok dengan pengasuh atau tidak.

6.) Setelah pengasuh bekerja, binahlah hubungan kepercayaan antara ibu dan pengasuh

Sebaiknya bunda aktif dan berusaha untuk mengenal dekat dengan pengasuh. cara membina hubungan kepercayaan bersama pengasuh yang mudah  yaitu dengan sesekali menanyakan keadaan pengasuh. walaupun ibu sibuk bekerja, bukan berarti bunda melepaskan tanggung jawab pengasuhan anak kepada pengasuh rumah. bunda juga harus meluangkan waktu setidaknya 15 menit sehari untuk bermain bersama si kecil.

 

Semoga Bermanfaat ☺🙏

➡ Yuk Aqiqah Sekarang ..
🌐 www.habibaqiqah.com
Aqiqah Bersertifikasi Halal
📱💬: 08569033331
📱💬: 085282223331

Please rate this

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *