QURBAN SAPI BALI

Assalamu’alaikum wr.wb

menjelang pelaksanaan Idul Adha, anda masih bingung untuk memilih hewan qurban jenis apa yang cocok untuk diqurbanka? jika melihat beragamnya jenis sapi pedaging atau sapi qurban yang di ternakan., terkadang memang membuat rumit dalam memilihnya. terlebih jika kocek anda di Idul Adha tahun ini berada dalam kapasitas maksimal untuk memilih hewan qurban terbaik. Allah memang tak pernah bohong dengan kekayaan rezeki yang dilimpahkan pada hambanya yang mau bersabar dan berusaha.

 

jika dana untuk berqurban dalam katagori maksimal, mungkin anda bisa melirik sejenak bagaimana rupa dan keuntungan memeilih sapi bali, salah satu sapi jenis unggulan di indonesia.

Sesuai dengan namanya, Sapi Bali berasal dari Pulau Bali, Indonesia. Dilihat dari garis keturunannya, Sapi Bali termasuk dalam golongan domestikasi dari jenis banteng atau Bibos Javanicus atau Bali Banteng. Pada umumnya jenis Sapi Bali pejantan memang berwarna hitam menyerupai warna kulit banteng. Sedangkan untuk Sapi Bali betina berwarna merah bata, dan bagian kaki serta bokongnya berwarna putih. Selain warna kulit, ciri-ciri khas dari Sapi Bali ini adalah ujung hidungnya dan ujung berwarna hitam pekat, lalu bagian gumba atau punuk si Sapi Bali ini bergaris hitam.

Karena merupakan jenis dari banteng, bentuk badan Sapi Bali ini kekar dan kokoh tidak berpunuk layaknya Sapi Jawa, ukuran badannya sedang, berkaki ramping dan kuku yang berwarna hitam. Di Pulau Dewata Bali, jenis Sapi Bali ini sangat mudah ditemukan, populasinya cukup banyak karena menjadi komoditi unggulan yang sudah sejak lama diminati dan dikembangbiakkan oleh peternak dari Bali. Di daerah asalnya, Sapi bali tak hanya digunakan sebagai sapi pedaging semata. Karena badannya yang kokoh seperti nenek moyangnya si Banteng, sapi ini dimanfaatkan oleh warga Bali untuk membajak sawah dan lahan pertanian. Selain itu, Sapi Bali mudah ditemukan dalam setiap upacara keagamaan Hindu.

Lalu apa keungglan dari Sapi Bali ini dibandingkan jenis sapi lain yang mudah ditemukan di Indonesia? Sapi Bali adalah komoditas super jika digunakan sebagai sapi pedaging maupun sapi qurban. Sapi Bali disukai karena tulangnya relatif lebih kecil dibandingkan sapi jenis lainnya, karena tulang yang lebih kecil maka otomatis jumlah dagingnya pun lebih tebal. Perbandingan antara daging dan tulang si Sapi Bali ini adalah sekitar 4,4:1. Artinya dalam setiap 4,4 kilogram daging hanya ada 1 kg tulang. Jika berada dalam umur maksimal dan siap dijadikan sapi qurban. Berat maksimal Sapi Bali Jantan bisa mencapai 450 kg. Sedangkan berat si Sapi Bali betina kurang lebih berada di antara 300-400 kg.

Pembagian Daging Dalam Aqiqah

ukuran pembagian daging qurbannya, dijelaskan dalam salah satu hadits yaitu Ibu Abbas meriwayatkan hadits dalam mensifati udhiyahnya Rosulullah : Sepertiga berikanlah keluarganya orang yang berkorban, sepertiga berikanlah pada tetangga, sepertiga sodaqohkanlah pada orang yang meminta minta (HR Al Hafidz Abu Musa).

ayooo mau nunggu apa lagi bagi anda yang berkeinginan untuk melaksanakan Qurban tahun ini, dan sedang mencari tempat hewan qurban dengan harga yang terjangkau sangat cocok jika habib aqiqah menjadi tempat rekomendasi. silahkan datang atau telefon nomor yang tertera di website.